Bosan Belajar Saxophone?

21 May

Belakangan ini ada beberapa orang yg baru dikenal ajak chat (dlm waktu yg berbeda) mengenai belajar saxophone. Semua masih muda (lbh muda dr gw) dan kebanyakan perempuan. Sepertinya benar ktika dlm bebagai kesempatan gw sering bilang kalau trend saxophone di Indonesia sedang meningkat. Akan semakin banyak “prodigies”,”young cats”,… ga cuma instrumen saxophone, instrumen lain juga.

Batasan juga akan semakin longgar. Siapa bilang cewek ga kuat main tenor? Atau bariton?

.

.

Satu masalah : banyak yg bilang kalau lat saxophone itu cenderung membosankan. Waktu dulu ngeles pun gw jg diingatkan kalau lat sax itu kadang bisa membosankan, tapi tetap PENTING. Dari beberapa obrolan, gw menemukan bahwa banyak orang merasa bosan karena :

merasa belajarnya kebanyakan teori/fundamental, padahal mau cepat bisa main lagu. Hal-hal yang namanya teori dan fundamental itu sebenarnya SANGAT PENTING. Serius, beda banget orang yg punya dasar yang baik memainkan suatu lagu dengan orang yang “dilatih cuma untuk memainkan lagu”. Kesamaan persepsi perlu dibangun sejak pertemuan2 awal kursus. Apakah mau sekadar sebagai hobi, atau ingin benar2 menjadi pemain yang baik? Kalau belum punya gambaran, jalani proses seperti pilihan kedua dengan sabar 🙂

Di sisi lain, selain pentingnya fundamental, murid juga perlu diberi gambaran akan aplikasi hal-hal yang dipelajari. Di sini materi lagu, baik lagu yang sudah dikenal atau lagu yang dikomposisi khusus oleh guru untuk mengaplikasikan teknik yang dipelajari menjadi penting. Tanpa hal ini orang juga bisa cepat bosan karena belum memiliki gambaran musikal tentang apa yang dipelajari (karena itu sangat membantu jika sebelum memelajari saxophone sudah menguasai satu alat musik lain… lebih mantap lg kalau piano atau gitar).

.

Jadi gimana? Beberapa alternatif :

1. Cari file2 MIDI (banyak yg gratisan di internet) untuk latihan play-along.

2. Accompaniment software seperti Band-In-A-Box atau (bagi pemakai Mac) Garageband. Tidak cuma untuk belajar lagu, tapi bisa memelajari berbagai jenis musik.

3. Rekam sesi latihan. Baik latihan sendiri maupun ketika les. Sangat bagus untuk review dan memantau perkembangan sendiri, juga untuk memacu diri. Lebih unik lagi,

4. Diskusikan dengan guru les (kalau privat, kalau di sekolah musik & berkelompok ya mesti menyesuaikan diri dgn kurikulum) mengenai materi2 ajarnya… Bukan berarti maksain keinginan jg, tp supaya kita mendapat gambaran yg lebih besar mengenai apa yang akan dicapai dengan materi2 tsb.

5. Nonton saxophone performances misal di youtube… Atau upload rekaman latihan untuk minta dikomentari…

.

Pengalaman nih : dulu seringkali malas latihan saxophone sebelum melakukannya, tapi begitu sax uda di tangan, rasanya malas dilepas he3…

5 Responses to “Bosan Belajar Saxophone?”

  1. intan March 29, 2011 at 1:36 pm #

    pak bisakah bapak mengajari saya main alat saxophone?? saya ingin benar2 belajar musik ini. tapi apakah blum terlambat jika dimulai dari umur saya yg sudah 19 tahun?

    • robertreg March 29, 2011 at 2:14 pm #

      Bisa… wah jgn “bapak” dong, sya kan msh 23 (2011). 19 tahun? belum terlambat koq, malah bnyak yg start di usia yg lebih tua dr sya 🙂 mugkn bs kontak lsg ke 0856 850 1466

      • Anonymous August 4, 2012 at 5:50 pm #

        mau tanya pak, ada berapa oktav nada yang dapat dijangkau dalam sebuah saxophone? misalnya Nada dasar C itu bisa dimainkan berapa oktav ya. maklum saya baru belajar sendiri dan kurang memahami akan saxophone itu. mohon petunjuknya dan saya sangat berterima kasih atas petunjuk dari bapak.

  2. victor June 9, 2010 at 1:53 pm #

    Luar biasa bro!! 🙂

Trackbacks/Pingbacks

  1. Best Posts of 2010 « "CERITA-CERITA…" by Robert Reginald - December 25, 2010

    […] 5. Bosan Belajar Saxophone? […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: