Meyer 7M vs D’Addario Select Jazz 6M

20 Apr

Setelah dalam beberapa tahun ini mencoba berbagai mouthpiece alto sax, 2 mp yg paling saya suka adalah Meyer HR dan Selmer Soloist. Pernah punya Meyer Richie Cole 5M (sold) dan Selmer Soloist (E dan C** – dua2nya sold), dan masih agak nyesel kenapa waktu itu dijual.

Sekitar 4 bulan terakhir, saya pakai Meyer 7M (produksi saat2 ini, bukan yg vintage). Waktu pesan mp ini, sebenarnya saya agak ragu mau ambil ini atau D’Addario (yg beli Rico) Select Jazz. Apalagi harganya berdekatan.

Beberapa hari lalu, ketika jalan2 di MG Pondok Indah, saya menemukan ternyata DA select jazz ini dijual juga di sana. Seingat saya, biasanya mp Rico yg mereka jual hanya seri Graftonite dan Metalite. Tergoda, akhirnya saya beli juga.

Sampai di rumah, langsung dicoba dan sangat cepat merasa familiar. D’Addario berhasil menghadirkan Meyer di mp ini. Saya pernah mencoba beberapa merek lain yg juga berusaha recreate Meyer, tapi ternyata lebih terasa karakter merek tersebut. D’Addario surely done a great job.. with a few notes. Berikut ini saya bandingkan Meyer 7M saya dgn DA select jazz 6M.

Dalam paket penjualannya, DA Select Jazz hanya menyertakan mp saja, tidak diberi ligature dan cap seperti Meyer.

Untuk baffle, menurut saya, Meyer bafflenya sedikit lebih tinggi dibanding DA.
Tip rail – Meyer lebih tipis daripada DA
Overall finish – Meyer lebih smooth rapi, DA lebih kasar di bagian dalamnya.


(bore dan chamber Meyer)


(bore dan chamber DA Select Jazz)

Chamber – sama2 round, tapi DA lebih rapi bulatannya.
Bore – DA lebih kecil lingkar badannya daripada Meyer. Terasa lebih sempit ketika dimasukkan ke neck cork.

Berikut ini video demo singkat saya, dengan sax Selmer Model 26, ligature standar Meyer, dan reed Legere Standard #2.5 tenor sax.

Sebagai tambahan, ini review dari majalah Downbeat, Maret 2015:

One Response to “Meyer 7M vs D’Addario Select Jazz 6M”

  1. cindrafebruare April 21, 2015 at 1:47 pm #

    mantab

Leave a Reply

